Joli OS adalah Operating System berbasis Ubuntu GNU / Linux yang dikembangkan oleh PerusahaanJolicloud. Sistem operasi ini sendiri disebut "Jolicloud" sampai versi 1.2, ketika perusahaan menamainya"Joli OS". Nama produk "Jolicloud" sekarang mengacu ke desktop awan untuk mengelola aplikasi Web, file, layanan dan sebagai Sistem Operasi komputer.


Sebelum memasang Joli OS pada komputer (baik yang virtual), sebaiknya membuat dulu sebuah akun disitus resmi Jolicloud. Meskipun tanpa akun Anda tetap bisa masuk ke Joli OS dengan menggunakan akun Facebook anda. Dan perlu dicatat bahwa, ketika Joli OS terpasang, Anda akan masuk ke komputer dengan menggunakan akun admin/user/root yang Anda buat sebagaimana Windows atau Linux pada umumnya. Sedangkan untuk masuk ke Jolicloud, Anda akan memerlukan cloud account anda di Jolicloud.


Anda akan masuk ke cloud desktop dengan talpilan ala Chromium dengan sedikit nuansa KDE Plasma Netbook. Silakan melanjutkan ke opsi pemasangan Joli OS. Ada tujuh tahapan dasar dalam opsi pemasangan, dimulai dengan memilih bahasa dan diakhiri dengan menyetujui konfigurasi. Di sela-selanya ada memilih username dan password, menamai komputer, memilih zona waktu, memilih jenisnetbook/notebook/komputer yang digunakan sesuai dengan branding/merk-nya. Ya, semua yang standar dalam pemasangan sistem operasi dan cukup mudah dipahami. Namun jika Anda memasang sebagaidual-boot, maka berhati-hatilah saat memilih opsi partisi dengan keberadaan sistem operasi lainnya.


Joli OS juga sangat bagus untuk komputer-komputer yang lama, karena OS ini bersifat ringan dan sangat cocok juga bagi netbook. Joli OS bersifat gratis, dan anda dapat mendownloadnya di situs resmi yang telah saya sediakan di atas.


Selamat mencoba Joli OS.