Download MySQL 5.5


MySQL adalah sebuah RDBMS ternama yang bersifat open source. Kehandalannya dan fleksibilitasya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya pemakai database ini di seluruh dunia.

MySQL 5 terbaru merupakan suatu database open source yang mengkombinasikan keandalan (reliability) dan kemampuan tingkat enterprise dengan fitur-fitur advanced SQL 2003 standard-compliant, membuatnya menjadi solusi database yang paling hemat biaya (cost-effective) untuk aplikasi bisnis.

Fungsionalitas-fungsionalitas baru akan cukup familiar bagi developer database dan DBA (DataBase Administrator), sehingga memungkinkan departemen teknologi informasi mendapatkan kemudahan integrasi dan transisi data-data atau aplikasi mereka. MySQL 5 cukup kuat untuk mendukung kinerja website berskala besar, dan menyediakan dukungan enterprise (enterprise support) bersamaan dengan berbagai fungsionalitas dasar lainnya.

MySQL 5 menyediakan berbagai fitur-fitur enterprise yang bermanfaat, diantaranya:

- Stored Procedure dan SQL Function: untuk menerapkan logika bisnis (business logic) pada database dan meningkatkan kemampuannya;
Trigger: untuk melaksanakan aturan-aturan bisnis kompleks pada level database;

- View: untuk memastikan perlindungan terhadap informasi yang sensitif;

- Cursor: untuk memungkinkan kemudahan pengembangan database dan memudahkan referensi pada dataset berskala besar;

- Information schema: untuk menyediakan kemudahan akses pada metadata;

- XA Distributed Transaction: mendukung transaksi kompleks di lebih dari satu database pada lingkungan heterogen;

- SQL Mode: menyediakan integritas data yang baik untuk data baru maupun data yang telah ada;

- New Migration Toolkit: sebuah graphical toolkit yang dapat memindahkan semua data dan objek secara utuh dari Oracle, Microsoft SQL Server, Microsoft Access dan platform database lainnya pada MySQL;

- Instance Manager: management tool yang memungkinkan berbagai pengaturan di dalam aktivitas operasional MySQL.

MySQL 5 tersedia untuk berbagai macam platform atau sistem operasi, termasuk untuk sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Mac OS X, FreeBSD, HP-UX, IBM AIX 5L dan berbagai sistem operasi lainnya. Semua software database MySQL tersedia di bawah dua model lisensi. Developer dan perusahaan dapat memilih di antara lisensi open source (GPL) atau lisensi MySQL komersial, tergantung pada kebutuhan mereka.

Selain itu, end-user enterprise juga dapat bergabung dengan MySQL network untuk mendapatkan dukungan layanan tambahan. Jika Anda hanya ingin menggunakan MySQL untuk belajar atau tahap pengembangan awal, maka Anda dapat memilih menggunakan lisensi open source (GPL).


Download Link
Entry Update 2011-10-05
Software Tags • mysql free gratis
• mysql terbaru 2012
Supported Operating System(s) Windows 7, Windows XP,
File Size 31110kb
Version 5.5
License Type Open Source