Demonstrasi di jalan raya adalah sebuah hal yang jadi populer setelah reformasi tahun ’98. Tiba-tiba aja orang jadi pada demo gitu, menuntut segala macam hal. Tapi, ternyata gak semua orang yang ada saat demo itu beneran mau demo lho. Berikut ini adalah orang-orang yang ada pada saat demo:

1. Si Orator

Orator adalah orang yang (kayaknya sih) paling tahu apa yang sedang didemoin dan (kayaknya lagi) beneran pengen menyuarakan aspirasinya. Mereka ini adalah orang yang suka naik ke atas mobil terus teriak-teriak pake megaphone gitu deh. Biar terkadang suaranya udah sampe serek, tapi semangatnya tetep tidak terkalahkan.

2. Yang Teriak-Teriak

Ini adalah orang yang ikut teriak-teriak mengikuti apa kata-kata Si Orator, biasanya sambil ngangkat-ngangkat tangan ke atas gitu deh. Mereka ini (mungkin) tahu apa yang sedang didemoin, tapi gak beranin teriak-teriak di depan kayak si orator, jadi ikut-ikut teriak dari bawah ajah.

3. Yang Ikut-Ikutan Doang

Nah, ini biasanya ada kalo yang demo mahasiswa. Ngeliat temen-temennya pada mau demo, trus langsung pengen ikutan deh. Biasanya alasannya ada dua; antara males kuliah atau pengen punya bahan untuk di-tweet / di-instagramin. Orang-orang yang ikut-ikutan doang ini biasanya gak tau apa yang mau didemoin tapi aktif pencitraan di twitter gitu deh.

4. Yang Dibayar

Sama seperti yang ikut-ikutan doang, orang-orang yang dibayar ini gak tau apa yang lagi didemoin, tapi karena mereka dibayar, mereka ikut-ikut aja. Bedanya dengan yang ikut-ikutan, orang yang dibayar ini harus ikut teriak-teriak juga. Tapi kalo misalkan ditanyain sama orang lain lagi ngedemoin apa, paling cuma cengegesan trus langsung melenggang pergi. Orang-orang ini biasanya muncul di demo-demo politik gitu.

5. Provokator

Provokator adalah orang-orang yang kerjanya tentu saja memprovokasi. Biasanya mereka ini yang menyusup ke kawanan demonstran trus manas-manasin demonstran untuk berbuat rusuh. Kalo berhasil, demonya jadi rusuh. Tapi kalo gagal, paling mereka bonyok. Sungguh pekerjaan yang beresiko.

6. Tukang Jualan

Selalu ada yang mengambil kesempatan dari demo. Tapi dipikir-pikir ya sifatnya untung sama untung sih. Orang kalo abis teriak-teriak kan pasti haus dong. Kalo gak ada yang jualan minuman ntar dehidrasi lagi. Jadi gak papa lah. Namanya juga orang usaha.

7. Yang Nonton

Ini adalah orang-orang yang kebetulan lewat, trus jadi penasaran, trus berhenti aja gitu untuk nontonin, kemudian jadi bikin macet . Gak jelas sih apa yang ditontonin, tapi orang Indonesia kan kepo aja gitu.